Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA MAHASISWA

Jumat, 15 Maret 2019 02:44:39
Sah Menjadi Milik PMSD

 

Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) merupakah salah satu sekolah vokasi yang menerapkan sistem kuliah praktek lebih besar daripada kuliah teori. Penerapan sistem ini tentunya tidak bisa terlepas dengan fasilitas  laboratorium yang wajib dimiliki oleh PMSD.

Sejalan dengan visi PMSD untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkarakter, PMSD berupaya untuk melakukan up date peralatan praktikum dan menambah fasilitas laboratorium  yang sesuai denga perkembangan teknologi. Harapannya dengan fasilitas laboratorium yang memadai, mahasiswa memiliki kesempatan yang luas untuk mempelajari teknologi baru sesuai dengan perkembangan industri 4.0 yang sangat dibutuhkan.

Melalui Hibah Polytechnic Education Development project (PEDP), pada tahun 2018 Politeknik Mekatronika Sanata Dharma telah berhasil menyelesaikan realisasi pengadaan peralatan praktik untuk melengkapi fasilitas praktik yang meliputi Peralatan Praktik Elemen Mekatronika (Mekanik dan elektrik) dan Peralatan Praktik Sistem mekatronika (Robot dan Otomasi). Peralatan Praktik Elemen Mekatronika (Mekanik dan elektrik) terdiri dari Traning Kit Mekanik Dasar, Traning Kit Elektronika dasar dan Training Kit Elektronika Digital.  Peralatan Praktik Sistem mekatronika (Robot dan Otomasi) terdiri dari Training Kit Robot Industri dan Training Kit Automatic Food and Beverage (AFB).

Pada hari Jumat sampai dengan Minggu tanggal 8 s.d 9 Maret 2019, telah dilakukan  cek fisik oleh tim dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan  terhadap peralatan praktik tersebut. Acara cek fisik ini merupakan salah satu syarat sebelum peralatan tersebut diserahterimakan secara resmi oleh Negara kepada PMSD dan menjadi sah sebagai milik PMSD. Dengan hadirnya peralatan-peralatan yang mutakhir ini, diharapkan dapat dipergunakan untuk peningkatan kompetensi mahasiswa.