Home
Mekatronika
Instrumentasi Medis
Desain Produk Mekatronika
Jurusan
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Rabu, 15 November 2017 01:49:17
Seminar Pembekalan Kerja dan Pengembangan Karir Mahasiswa

Pada hari Sabtu, tepatnya tanggal 11 November 2017, Career Development Center (CDC) Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) bekerja sama dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia (FKMPI) telah sukses menyelenggarakan acara Seminar yang bertajuk “Pembekalan Kerja dan Pengembangan Karir Mahasiswa”. Sebagai narasumber dihadirkan seorang Dosen dan sekaligus sebagai Konsultan Karir dari Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma yaitu Bapak Timotius Maria Raditya Hernawa, M.Psi. Acara seminar ini merupakan agenda tahunan unit CDC PMSD.

Acara diawali dengan sambutan-sambutan antara lain sambutan dari Ketua Panitia Seminar, Sambutan dari Ketua KMPM PMSD, sambutan dari Korlap FKMPI dan terakhir adalah sambutan dari Direktur PMSD Bapak Eko Aris Budi Cahyono, M.Eng. yang sekaligus membuka acara seminar secara resmi. Dalam sembutannya, Direktur PMSD menyampaikan bahwa dalam menapaki dunia kerja, mahasiswa harus menyiapkan diri sebaik-baiknya, termasuk juga memiliki strategi yang tepat supaya bisa diterima kerja dengan cepat sekaligus bisa berkarir dengan baik di Industri. Pak Aris juga menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa lulusan Politeknik yang terampil, saat ini sangat dibutuhkan di Indonesia yang industrinya sedang berkembang pesat. Di sisi lain, pemerintah juga menyadari bahwa kebutuhan tenaga-tenaga terampilah yang saat ini dibutuhkan di Indonesia, sehingga pemerintah sekarang sangat mendukung pengembangan pendidikan vokasi. Dana sangat besar telah digelontorkan oleh pemerintah untuk pengembangan pendidikan vokasi. PMSD telah diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk bisa memberikan kontribusi dalam menghasilkan tenaga-tenaga terampil tersebut melalui Program Hibah Kompetisi Pengembangan Mutu Pendidikan Politeknik (PHK-PMPP) yang diperoleh PMSD dari pemerintah sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2019. Sebelum menutup sambutannnya dan membuka secara resmi acara seminar, pak Aris juga berpesan kepada seluruh peserta untuk bisa sungguh-sungguh mengikuti acara seminar yang baik ini, supaya peserta sungguh dapat memperoleh sesuatu yang akan berguna saat mereka nanti mencari kerja maupun saat mereka berkarir di dunia kerja.

Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa PMSD khususnya mahasiswa angkatan 2015 seluruh program studi yang ada di PMSD. Tidak hanya mahasiswa angkatan 2015 yang memang tahun depan akan lulus, seminar juga dihadiri oleh mahasiswa PMSD angkatan 2016 dan 2017. Seminar ini juga dihadiri oleh  mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah antara lain  dari Universitas Sanata Dharma, Universitas Atmajaya, Universitas Mercu Buana, Politeknik LPP,dll. Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti seminar, banyak tips dan trick yang diinformasikan Narasumber dalam mendapatkan pekerjaan. Materi diawali oleh pembicara dengan materi yang ringan yaitu bagaimana membuat surat lamaran dan Daftar Riwayat Hidup yang baik dan menarik. Peserta juga diajarkan bagaimana caranya menghadapi wawancara kerja, bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan saat wawancara kerja. Hal yang sangat ditekankan oleh pembicara saat mencari kerja adalah pertama kesamaan visi, misi dan budaya tempat kerja dengan visi, misi dan budaya pencari kerja. Kedua adalah kesamaan karakter pekerjaan dengan karakter seseorang. Orang akan merasa nyaman apabila visi, misi dan budaya perusahaan serta karakter pekerjaannya sama dengan visi, misi, budaya dan karakter orang tersebut.

Seminar ini tergolong sangat sukses, karena seluruh peserta yang hadir benar-benar menyimak dan mengikuti acara sampai selesai. PMSD merasa yakin seminar ini telah membuat mahasiswa semakin termotivasi untuk semakin mengenal diri dan mengembangkan diri. Salah satu materi yang sangat menarik bagi seluruh peserta yang disampaikan oleh pembicara adalah bagaimana peserta dapat lebih mengenal diri dan karakternya. Dalam pengenalan diri dan karakternya, seluruh peserta diminta untuk menuliskan apakah dirinya termasuk orang yang Introvert atau Ekstrovert, apakah peserta termasuk yang orang yang persepsinya ke arah Sensing atau Intuition, apakah peserta termasuk tipe orang yang memutuskan sesuatu berdasarkan Thinking atau Feeling,  apakah peserta termasuk kriteria orang yang Judging atau Perceiving. Lebih dari itu, pembicara juga memberikan strategi pengembangannya untuk masing-masing karakter baik untuk 2 kwadran karakter awal maupun keempat kwadran karakter.

Di akhir paparannya, pembicara menyampaikan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Angela Duckworth, “Kunci Sukses seseorang di masyarakat atau dalam berkarir dapat dilihat dari dua hal yaitu Hasrat (Passion) dan Daya juang (Perseverance)”. Dimanapun kita bekerja dan apapun pekerjaan kita, kita akan menjadi orang yang sukses apabila kita bekerja sesuai dengan passion kita. Jika kita bekerja sesuai dengan hasrat kita, kesukaan kita maka apapun pekerjaan yang kita lakukan, akan kita kerjakan dengan bahagia. Selain hasrat, kita akan juga sukses apabila kita melakukan apapun yang kita kerjakan dengan sungguh-sungguh dan tanpa kenal kata menyerah. (LN)