Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Kamis, 29 Agustus 2019 02:44:54
Wisuda PMSD 2019 dan Sumpah Profesi Elektromedis

 

Hari Senin, 26 Agustus 2019 menjadi puncak hari bahagia bagi seluruh Civitas Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD). Pada hari dan tanggal tersebut, PMSD telah berhasil meluluskan kembali 119 mahasiswanya. Lulusan tahun 2019 ini adalah mahasiswa PMSD angkatan 2015 dan 2016. Jumlah lulusan PMSD tahun 2019 adalah 119 orang yang terdiri dari lulusan program studi  Mekatronika angkatan 2016 sebanyak 58 orang, program studi Desain Produk Mekatronika angkatan 2016 sebanyak 28 orang, program studi Teknologi Elektromedis angkatan 2015 sebanyak 11 orang dan program  studi TEM Teknologi Elektromedis angkatan 2016 sebanyak 22 orang. Dengan tambahan 119 orang lulusan, maka total lulusan PMSD sampai dengan tahun 2019 adalah 924 orang.

 Dalam sambutannya, Direktur PMSD Eko Aris Budi Cahyono menyampaikan kepada para wisudawan wisudawati bahwa momen wisuda ini bukan akhir dari proses pembelajaran, namun justru merupakan awal dari tahap pembelajaran yang sesungguhnya dimana lulusan akan dihadapkan pada realitas dunia kerja yang penuh tantangan dan problematika. Eko Aris menekankan bahwa tantangan dan problematika dalam dunia kerja menuntut kita semua untuk semakin cerdas dan bijaksana dalam menyiasati tuntutan perkembangan jaman terlebih dalam bidang teknologi dan rekayasa. Disampaikan bahwa dunia industri terus berkembang dan saat ini dunia industri sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan munculnya internet sehingga semua sistem kini terkoneksi secara cyber-physical yang dikenal dengan nama internet of things (IoT). Jika hanya merasa puas dengan bekal ilmu yang telah diperoleh dan dimiliki saat ini, maka kita akan mudah tersingkir dalam kompetisi yang ketat dan cepat di dunia kerja, imbuhnya. Eko Aris juga menekankan supaya seluruh lulusan jangan pernah berhenti untuk terus belajar tentang hal yang baru dan mengembangkan imajinasi, karena itu akan membuat kita semakin bermutu, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Pada kesempatan tersebut, Eko Aris juga menyampaikan rasa bangga kepada lulusan yang diwisuda kali ini. Pasalnya dari 119 alumni yang diwisuda, hampir 60% lulusan (68 lulusan) sudah diterima bekerja sebelum mereka diwisuda, dan tidak hanya perusahaan nasional saja tempat mereka diterima bekerja, tetapi beberapa alumni diterima bekerja di perusahaan multi Nasional dan ditempatkan  di Luar Negeri.

Seperti halnya wisuda di tahun-tahun sebelumnya, terdapat satu tradisi saat wisuda yaitu sharing dari salah satu alumni PMSD yang disampaikan kepada seluruh peserta wisuda. Pada Wisuda kali ini, sharing disampaikan oleh salah satu alumni Program Studi Mekatronika angkatan 2005, Ignasius bramantyo. Bram saat ini bekerja di PT Maesindo Indonesia sebagai Production Engineer Manager. Dalam sharingnya ditekankan kepada wisudawan dan wisudawati untuk tidak berhenti belajar meskipun sudah lulus kuliah. Disampaikan pula bahwa jangan pernah berhenti untuk membaca buku. Sumber informasi belajar saat ini tidak hanya melalui buku tetapi sudah sangat luas melalui internet, sehingga informasi dan ilmu sangat mudah diperoleh. Bram juga menyampaikan bahwa dimanapun kita bekerja ataupun berwirausaha, kita harus bisa memahami bahkan melampaui apa yang diinginkan oleh atasan ataupun customer, dengan begitu kita akan bisa survive.

 

Setelah wisuda, acara dilanjutkan dilanjutkan dengan Sumpah dan Pelantikan Profesi Elektromedis bagi lulusan Program Studi Teknologi Elektromedis angkatan 2015. Sumpah dan pelantikan profesi Elektromedis dilakukan oleh Bapak Agus Susilo, S.T., Ketua Dewan pertimbangan Daerah Ikatan Elektromedis Indonesia Daerah  Istimewa Yogyakarta (DPD IKATEMI DIY) di hadapan pemuka agama. Sumpah dan pelantikan ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh lulusan program studi Teknologi Elektromedis yang akan bekerja sebagai profesi elektromedis di rumah sakit. Perlu diketahui bahwa menurut UU RI No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga kesehatan, supaya bisa diterima dan sah bekerja sebagai profesi elektromedis (tenaga Kesehatan), maka harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). Sebagai tenaga Kesehatan Elektromedis, untuk memperoleh STR syaratnya adalah: berasal dari program studi Teknologi Elektromedis (Ijazah), lulus uji kompetensi (Sertifikat kompetensi) dan disumpah serta dilantik sebagai profesi elektromedis (Berita Acara Sumpah dan pelantikan).

Sungguh kebahagiaan bagi kami, seluruh keluarga besar Politeknik Mekatronika Sanata Dharma karena bisa menghantarkan para mahasiswa ke gerbang kesuksesan. PMSD berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan orang tua mahasiswa mulai dari awal masuk PMSD sebagai mahasiswa baru sampai mereka lulus dan bekerja. PMSD telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan baik perusahaan Nasional maupun Multinasional yang dapat memfasilitasi mahasiswa PMSD baik untuk keperluan tempat kerja praktik, tempat tugas akhir, pemberian beasiswa maupun campus recruitment. Sekali lagi proficiat untuk alumni PMSD yang telah diwisuda, ini merupakan titik awal perjuangan kalian, raih masa depan dengan penuh Integritas dan Tanggung jawab, jadilah insan yang dapat berguna untuk sesama, bangsa dan negara.