Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Selasa, 12 Juni 2018 10:55:50
PRODI DESAIN PRODUK MEKATRONIKA (DPM) SEMAKIN TERPERCAYA MENCETAK DESAINER MEKATRONIKA

Program studi Desain Produk Mekatronika (DPM) Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) patut bersyukur atas keberhasilannya memperoleh nilai Akreditasi B dengan poin yang tinggi (353) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), kurang 7 poin untuk mendapatkan skor 360 (untuk akreditasi A). Hal tersebut menunjukkan bahwa pengelolaan prodi DPM PMSD telah berjalan dengan baik dan prodi DPM PMSD semakin dipercaya baik oleh Pemerintah, Masyarakat maupun Industri. 

Produk mekatronika adalah mesin-mesin otomatis, baik itu yang digunakan di industri skala besar maupun industri skala kecil menengah. Selain nilai fungsional, Produk Mekatronika tersebut memerlukan beberapa nilai lebih seperti bentuk, keamanan, maupun estetika, sebagaimana yang dikehendaki oleh pasar modern. Untuk memenuhi hal tersebut diperlukan ilmu pendukung selain ilmu produksi itu sendiri. Desain produk mekatronika merupakan cabang ilmu yang akan memberikan dan memenuhi kebutuhan nilai lebih dari sebuah produk mekatronika sehingga akan meningkatkan nilai jual, fungsi, dan keamanannya.

Program Studi Desain Produk Mekatronika menghasilkan Desainer Mekatronika. Desainer Mekatronika ibarat seorang  Arsitek dalam bidang konstruksi bangunan, tetapi “bangunan” yang dirancang adalah produk Mekatronika. Proses desain produk mekatronika diawali dari pembangkitan ide, pengembangan konsep, proses manufaktur, merakit serta menguji coba sebuah produk mekatronika. Seorang desainer produk mekatronika akan mengembangkan konsep serta mengevaluasi ide-ide untuk membuat sebuah produk mekatronik mempunyai nilai lebih melalui sebuah pendekatan yang sistematis. Seorang Desainer Produk Mekatronika mampu memikirkan dan mendesain sesuai dengan kebutuhan calon pengguna produk dan bagaimana mereka menggunakannya, bagaimana membuat produk mudah dan aman ketika digunakan,  bagaimana membuat produk nampak menarik bagi calon pengguna, bagaimana membuat produk yang handal dan bagaimana membuat produk berbiaya rendah serta ramah lingkungan.

Lulusan Program Studi Desain Produk Mekatronika mampu menambahkan unsur estetis pada produk mekatronika (styling), mampu menemukan solusi atas bentuk dari produk mekatronika (forming), mampu mendesain produk mekatronika (designing), mampu membuat model dan prototipe suatu produk mekatronika (prototyping). Lulusan prodi DPM PMSD dibekali dengan sertifikat bertaraf Internasional Certified SolidWorks Associate (CSWA) serta dibimbing oleh Dosen-Dosen bersertifikat internasional Certified SolidWorks Professional  (CSWP). Lulusan juga difasilitasi dengan Peralatan praktik baik hardware maupun software di prodi DPM PMSD yang lengkap dan mutakhir.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Era industri saat ini yang akan memasuki era industri 4.0, kebutuhan akan lulusan Desain Produk Mekatronika sangatlah tinggi, hal ini dibuktikan dengan keterserapan lulusan prodi DPM yang mencapai 100% dengan waktu tunggu yang cepat (rata – rata 1,5 bulan) dan bahkan beberapa lulusan sudah diterima kerja sebelum mereka lulus. Peluang lulusan prodi DPM tidak hanya di Industri, dengan bekal yang mereka miliki, terbuka peluang yang besar untuk berwirausaha. Berikut ini adalah beberapa alumni DPM PMSD: Eko Ari Wibowo (2011) bekerja di PT Yogya Presisi Indonesia, Rohmad Imam Rizki Andika (2011) bekerja di PT Mattel Indonesia, Benny Setiawan (2012) bekerja di PT Jabaku Karaba Technology, Fransikus Muliadi (2013) bekerja di PT Frina Lestari Nusantara, Trias Widhiargo (2013) bekerja di PT Summit Adyawinsa, Egidius Christian Tri Aldi (2014) bekerja di PT Mattel Indonesia, Rachel Sandra Dwio (2014) bekerja di PT Bukit Muria Jaya, Dewi Susanti (2014) bekerja Robota Robotics School, serta alumni lain yang semuanya telah bekerja.

Selamat untuk Program Studi Desain Produk Mekatronika (DPM) Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) semoga semakin bersemangat dalam berkarya bagi masyarakat. (EA)