Home
Mekatronika
Teknologi Elektromedis
Desain Produk Mekatronika
Program Studi
Dosen
Karyawan
Mahasiswa
Civitas Akademika
Pelatihan
Desain Proses Otomasi
Manufaktur Komponen
Layanan
Pengumuman
Artikel
Penelitian
Download
Info
Kontak
MECBOT
  
Subscribe to Mekatronika Subscribe
 
BERITA KAMPUS

Kamis, 05 Juli 2018 02:53:00
Selamat Datang Dosen-Dosen Vokasi Peserta Retooling Kompetensi Vokasi Bidang Mekatronika

 

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi pada Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Ditjen Kelembagaan Iptek dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan kegiatan Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi tahun 2018 yang diberikan untuk dosen program terpilih dari berbagai perguruan tinggi vokasi dibawah lingkungan Kemristekdikti yang memenuhi persyaratan. Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Yogyakarta bekerja sama dengan PT Festo Indonesia dan PT Arisma Data Setia (ADS) terpilih menjadi salah satu Perguruan Tinggi penyelenggara program retooling kompetensi vokasi dalam bidang mekatronika pada tahun 2018.

Dengan menggunakan model sistem otomasi industri berupa Modular Production Systems (MPS) serta kurikulum training Mekatronika di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD), setelah mengikuti training mekatronika di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD), peserta:

  1. Mampu menganalisis hubungan secara fungsional dari sebuah system mekatronika
  2. Mampu membuat gambar teknik dari komponen mekanik penyusun system mekatronika
  3.  Mampu melakukan proses trouble shooting berdasarkan aliran informasi maupun energy sub-system mekanik, elektrik, dan elektro-pneumatik
  4.  Mampu melakukan wiring dan programming PLC berdasakan logika dan sekuensial kerja system mekatronika
  5. Mampu melakukan proses assembling, commissioning, trouble shooting dan perbaikan system mekatronika

Retooling kompetensi mekatronika dan uji kompetensi telah mulai dilaksanakan tanggal 2 Juli 2018 dan akan berakhir pada tanggal 3 Agustus 2018. Sebanyak 20 Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi telah hadir di PMSD untuk memulai program retooling. Dosen-Dosen tersebut antara lain berasal dari Institut Teknologi dan Sains Bandung, Politeknik Negeri Banjarmasin, Akademi Teknologi Warga Surakarta, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Politeknik Bosowa, Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Negeri Malang, Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe, Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri samarinda, Universitas Syiah Kuala dan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selamat datang Dosen-Dosen Vokasi Peserta Retooling Kompetensi Vokasi Bidang Mekatronika di Politeknik Mekatronika Sanata Dharma. Selamat mengikuti kegiatan retooling, semoga membawa manfaat bagi pengembangan pendidikan tinggi vokasi di Indonesia, khususnya bagi pengembangan masing-masing perguruan tinggi peserta retooling. (EA)